×
×

Search in Mata Mata Musik

Viscral Membantai Secara Cermat Via “Entrance Into Terrifying Imagery”

Posted on: 05/1/21 at 9:00 am

Viscral Membantai Via Album"Entrance Into Terrifying Imagery" Yang Lebih Groovy
Viscral. (Foto: Blackandje Records).

Viscral termasuk dalam deretan band death metal yang album barunya paling diantisipasi di scene extreme metal Tanah Air. Penantian enam tahun pasca rilisnya album debut Egocentric Underneath Of Horror (2015, Rottrevore Records) akhirnya terbayar oleh album anyar mereka, Entrance Into Terrifying Imagery.

Baca juga: Rilis Album Perdana, Vox Mortis Advokasi Secara Death Metal Satwa Tertindas

Album Entrance Into Terrifying Imagery telah dimuntahkan secara resmi sejak 23 April 2021 di bawah bendera Blackandje Records. Viscral sebenarnya telah merampungkan album kedua tersebut sejak tahun 2019 dan direncanakan untuk dibawa untuk promosi saat mereka menghajar Eropa lewat program The Devourer Tour 2019. Tur mereka bersama Deadsquad sebanyak 5 konser di 4 negara: Jerman, Ceko, Swiss dan Belanda. Namun karena beberapa kendala, urung direalisasikan.

Lagu berjudul ‘Impulses To Kill’ dirilis terlebih dahulu sebagai single pengantar menuju brutalitas album kedua Viscral. Dirilis perdana lewat art video pada Juni 2020 lalu,’Impulse To Kill’ juga dirilis video drum playthrough dan guitar playthrough-nya. Lagu tersebut makin memperkokoh pondasi death metal yang telah dibangun kuintet asal Bekasi, Jawa Barat ini sejak 2007.

Dalam album Entrance Into Terrifying Imagery, Viscral meracik musik yang jauh lebih cermat dibanding album debutnya. Dari segi produksi sound, banyak terdapat perkembangan. Terutama karena penambahan senar gitar sehingga register nadanya jadi lebih berat. Aransemen yang lebih kompleks dengan kombinasi riff gitar new school dan old school jadi senjata utama di album ini. Alur alias groove yang kental masih dipertahankan sebagai salah satu gaya khas Viscral. Bahkan makin diperbanyak porsinya yang memprovokasi headbanging dan slamdancing memecah mosh pit. Ditambah pola vokal growling yang powerful, makin membuat album ini patut untuk dinikmati, enggak sekadar dikoleksi.

Komposisi Viscral Entrance Into Terrifying Imagery:

  1. Entrance Into Terrifying Imagery
  2. Impulses to Kill
  3. Decorticated the Imperfect
  4. Compulsive Ingenuity
  5. The Catacombs
  6. Eradicate the Parennial Threat
  7. Transcending Idolatry
  8. Stubborn
  9. Absorbed to Oblivion

Sang gitaris, Faisal Noviandy merupakan pencipta riff utama di 5 lagu. Sedangkan gitaris tandemnya, Liga Radensha pencipta 4 lagu lainnya. Tentunya enggak terlepas dari peran vokalis Eggi Pradia, dramer Yogi Praja, dan bassis Jannova dalam proses kreatifnya. Proses penulisan lagu-lagunya berlangsung sejak tahun 2018. Dari departemen lirik, enggak ada perbedaan dari album debut. Masih meneriakkan perihnya kekejaman, pembantaian, ambisi dan tindakan psikopat yang erat dengan musik brutal death metal. Artwork-nya dikerjakan oleh salah satu artis terbaik Eropa asal Russia yaitu Andreas Christanetoff. Rekaman, mixing dan mastering dikerjakan oleh Jafar Sadik di Apache Studio, Bekasi.

“Album ini dikerjakan lebih serius dari sebelumnya, karena proses membuat dan menjalankannya dilaksanakan dengan cermat, kami banyak menyematkan part-part yang groovy agar bisa dinikmati oleh pecinta musik death metal di manapun. Namun secara keseluruhan kami tetap menjaga ciri khas musik Viscral,” ujar Eggi.

Baca juga: Sufism “Republik Rakyat Jelata”: Sorotan Death Metal Pada Alam & Kearifan Lokal

Selamat menyimak gempuran brutalitas death metal album Entrance Into Terrifying Imagery dari Viscral. Order CD dan merchandise-nya melalui Blackandje Records!

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Stevi Item & Isyana Sarasvati

    Stevi Item & Isyana Sarasvati Wujudkan Proyek Lanjutan "DeadSyana"

    Isyana Sarasvati dan Stevi Item mempromosikan t-shirt Deadsyana (Foto: Instagram/Deadsquad.official). Stevi Item, sebagai pendiri dan motor utama DeadSquad

    on May 10, 2021
    Behemoth

    Behemoth Rilis NFT Anniv Ke-7 The Satanist Collab Dengan Seniman Bali

    Behemoth (Foto: Grzegorz Gołębiowski). Behemoth telah mengumumkan peluncuran lini NFT mereka sendiri, yang tersedia mulai 7 Mei 2021 pukul 8 malam waktu

    on May 9, 2021
    DeadSquad

    DeadSquad, Ikon Death Metal Indonesia Yang Mampu Hidup Di Dua Dunia

    DeadSquad formasi 2021. (Foto: Instagram/possessedtomerch). DeadSquad adalah nama yang sudah enggak asing lagi di kancah musik Indonesia. Meski mengusung ge

    on May 5, 2021
    At The Gates

    At The Gates Rilis 'Spectre of Extinction' Fitur Gitaris Andy LaRocque

    At The Gates (Foto: Ester Segarra). Sebulan lalu At The Gates mengumumkan album studio ketujuh mereka, The Nightmare of Being. Kini dedengkot Swedish-Gothen

    on May 3, 2021