×
×

Search in Mata Mata Musik

Vokalis Band Punk SNFU, Ken Chinn (alias Mr. Chi Pig), Tutup Usia

Posted on: 07/18/20 at 5:00 am

Mr. Chi Pig di usia senjanya. (Foto: Matthijs Mekking).

Ken Chinn (alias Mr. Chi Pig), vokalis dari band hardcore-punk yang berpengaruh asal Kanada SNFU, telah meninggal dunia di usia 57 tahun.

Penyebab kematiannya belum diungkapkan, tetapi vokalis itu sebelumnya mengungkapkan dalam sebuah wawancara pada bulan Desember 2019 dengan Beatroute bahwa dia sedang dalam kondisi kesehatan yang buruk dan hanya memiliki waktu yang singkat untuk hidup.

Asal usul SNFU – kependekan dari Society No Fucking Use – berawal dari tahun 1981, ketika Ken Chinn pertama kali membentuk band punk Live Sex Shows di Edmonton, Kanada dengan gitaris bersaudara kembar Marc dan Brent Belke. Tidak lama setelah band itu kemudian bubar pada akhir tahun itu, tiga musisi tersebut segera membentuk SNFU, dengan ditemani oleh beberapa dramer dan bassis di sepanjang tahun 1980-an. Dari tahun 1985 hingga 1988, mereka merilis tiga album, dimulai dengan album debut mereka, …And No One Else Wanted to Play.

Setelah bubar lagi pada tahun 1989, Ken Chinn pindah ke Vancouver, Kanada. SNFU kemudian terbentuk kembali pada tahun 1991, menandatangani kesepakatan dengan Epitaph Records. Mereka merilis tiga album untuk label punk milik Brett Gurewitz (gitaris Bad Religion) itu, yakni Something Green and Leafy This Way Comes (1993), The One Voted Most Likely to Succeed (1995), dan FYULABA (1996), dan kemudian mereka merilis dua album lagi selama abad ke-21. Karya terakhir SNFU adalah album Never Trouble Trouble Until Trouble Troubles You rilisan tahun 2013, mereka terhitung mengantong total delapan album full-length sepanjang karier mereka.

Ken Chinn adalah satu-satunya anggota SNFU yang konsisten, aktif hingga 2018. Dia akan dikenang sebagai vokalis yang dinamis dan eksentrik untuk sebuah band yang musiknya sangat berpengaruh dalam genre skate-punk. SNFU pernah membuka konser untuk artis-artis seperti Green Day dan Bad Religion, dan bahkan didukung oleh band-band seperti Tool dan Korn ketika mereka belum besar.

Sang bassis Dave Bacon, yang bermain dengan SNFU di tahun 1980-an dan masuk dalam formasi terakhirnya, mengkonfirmasi berita kematian Ken Chinn melalui Facebook. “Hati saya hancur karena harus mengatakan ini, tetapi teman tersayang kita telah meninggalkan kumparan fana ini beberapa waktu yang lalu,” tulisnya. “Semoga dia tetap hidup dalam hati dan kenangan kita selamanya”.

Kehidupan dan karier Ken Chinn didokumentasikan dalam film Open Your Mouth and Say …Mr. Chi Pig dari tahun 2010.

Tonton aksi SNFU saat membawakan lagu ‘Painful Reminder’ di Vancouver pada 2011 bersama dengan konser tahun 1994 mereka di Toronto di bawah ini.

https://youtu.be/Vi49WXMHAZA

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Ramones

    Ramones 'I Wanna Be Sedated' Digubah Tenacious D Buat Kampanye Vaksin

    Jack Black / Kyle Gass / Amy Lee, via YouTube Ramones lagu-lagunya memang asyik buat di-cover. Contohnya Kyle Gass dari Tenacious D yang telah menggubah sal

    on Jun 5, 2021
    Sum 41

    Sum 41 Dedikasikan Single Buat Istri Sang Vokalis Yang Nyaris Bunuh Di...

    Sum 41 (Foto: Ashley Osborn). Sum 41 merilis versi terbaru dari single 'Catching Fire' mereka, kali ini fitur rapper nothing,nowhere. Deryck Whibley, vokali

    on May 31, 2021
    Konser Punk

    Konser Punk Di AS Jual Tiket $18 Buat Tervaksinasi, $1000 Yang Belum

    Crowd di sebuah Punk Rock Show (Foto: Melinda Oswandel). Konser punk yang satu ini termasuk hal yang baru. Seorang promotor konser di Florida, Amerika Serik

    on May 30, 2021
    Punks Reformasi

    Punks Reformasi Rilis Lagu 'Bali Bersama JRX' Jelang Bebasnya JRX

    Punks Reformasi (Foto: Instagram/punksreformasi). Apa yang dialami I Gede Ary Astina alias Jerinx atau JRX, penggebuk dram legenda punk rock Indonesia Super

    on May 23, 2021