×
×

Search in Mata Mata Musik

Wacken Open Air 2020 Resmi Dibatalkan. W:O:A Terpaksa Tidak Digelar Tahun Ini!

Posted on: 04/17/20 at 12:00 pm

Setelah berspekulasi apakah akan tetap digelar atau tidak, festival musik hard rock dan heavy metal terbesar di dunia, Wacken Open Air 2020 akhirnya resmi dibatalkan karena dicabut perizinannya oleh otoritas Jerman karena dikhawatirkan pandemi virus Corona masih belum usai pada saat pelaksanaan festival musik ini nanti.

Pengumuman berita menyedihkan ini diposting ke semua kanal media sosial Wacken Open Air pada Kamis (16/3) kemarin dengan menulis:

Dear Metalheads,

Kemarin, pemerintah Jerman memutuskan bahwa karena pandemi virus Corona, tidak ada pertemuan massal yang akan diizinkan sampai 31 Agustus 2020. Kami menghadapi situasi yang tidak aman dalam 30 tahun kami: Dengan hati yang berat kami harus mengumumkan bahwa tidak akan ada Wacken Open Air tahun ini.

Seluruh tim kami telah bekerja secara intensif pada festival ini beberapa bulan terakhir dan semakin banyak dari kita yang kecewa karena kami tidak diizinkan merayakan Wacken Open Air bersamamu. Perintah administratif ini sangat memengaruhi kami dan kami perlu waktu untuk memproses berita buruk ini.

Namun demikian, kami mendukung keputusan pemerintah Jerman dalam situasi sulit ini untuk seluruh dunia. Kesehatan dan keselamatan Anda selalu dan akan selalu menjadi prioritas utama kami. Karena itu kami sebagai promotor terikat untuk mengambil tanggung jawab yang lebih besar dan harus mengikuti instruksi para pakar.

Mengenai Wacken Open Air 2021 dan opsi untuk tiket yang sudah Anda beli, kami akan segera menghubungi Anda tetapi meminta sedikit kesabaran sementara kami mengerjakan ini. Kami berterima kasih atas kepercayaan Anda selama waktu yang tak tertandingi untuk kita semua.

Tetap sehat – In Metal We Trust!

Tim W:O:A

Benar-benar berita yang buruk. Padahal festival yang rencananya digelar selama tiga hari, 30 Juli, 31 Juli dan 1 Agustus mendatang ini sudah dipersiapkan segala sesuatunya sejak tahun lalu. Bahkan tiket presale-nya pun sudah “sold out” sebanyak 75.000 tiket kurang dari sehari saja! Antusiasme metalhead dari seluruh dunia kepada Wacken Open Air (W:O:A.) tiap tahunnya memang selalu luar biasa. Tak heran festival musik cadas ini kerap dijuluki sebagai “Mekkah-nya Heavy Metal”.

Baca juga: Burgerkill Akan Kembali Kibarkan Merah Putih di Wacken Open Air 2020!

W:O:A. tahun ini pun terasa begitu spesial karena band metal kebanggaan Indonesia, Burgerkill menjadi salah satu performer line-up, dan merupakan kali kedua mereka mengisi acara festival prestisius ini sejak yang pertama pada 2015 lalu. Dan tentunya para headliner dan band-band lainnya seperti yang tertera di flyernya di bawah ini, benar-benar “Wah” dan “Wow”, pakai, banget.

Ada Slipknot, Judas Priest (selebrasi 50 tahun kariernya), Amon Amarth, Mercyfyl Fate, Venom, Hypocrisy, At The Gates, Overkill, Annihilator, Sodom, Death Angel, Sacred Reich, Devin Townsend, Stratovarius, Dropkick Murphys, Sick Of It All, Butcher Babies, Rotting Christ, Pestilence, ah…terlalu banyak untuk disebutkan, “go-kill” pokoknya!

Dan satu lagi, Wacken Metal Battle Indonesia yang belum lama dibuka pendaftarannya dan sudah masuk banyak kandidat band yang akan bertarung ke babak berikutnya otomatis juga harus dibatalkan di tengah jalan.

Terima kasih virus Corona, kami hadapi ini semua tetap dengan senyum walau hati ini terasa sakit dan pedih dengan kerugian moril dan material. Semoga bencana global ini segera berakhir dengan masa depan yang jauh lebih baik.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    The Warning - evolve

    THE WARNING, 3 Rocker Cantik Lagi-Lagi Sukses Meninggalkan Impresi

    Horeee… The Warning nongol lagi!Horeee… tidak banyak "PAUSE" walau masih trauma dengan pemblokiran video akibat penerapan perlindungan copyright yang b

    on Oct 23, 2021
    Lovebites

    LOVEBITES - Holy War (Live at Zepp DiverCity Tokyo 2020) GO-KILL!

    LOVEBITES, salah satu dari deretan band heavy metal Jepang terbaik yang semua anggotanya cewek. Tetapi penampilan mereka yang anggun bak tuan putri hanyala

    on Oct 19, 2021
    Max Portnoy

    Max Portnoy, Putra Mike Portnoy, Menjadi Dramer Baru Code Orange

    Foto: Max Portnoy (via Instagram). Max Portnoy, putra kandung dramer metal legendaris Mike Portnoy, sekarang resmi menjabat sebagai dramer Code Orange. Band

    on Oct 17, 2021
    Burgerkill

    Burgerkill Ft. Ahmad Dhani 'Satu Sisi', Kolaborasi Terepik Sepanjang M...

    Kenapa bisa dibilang kolaborasi paling epik? Yang pertama, karena kolaborasi ini menampilkan mesin metal nomor wahid Indonesia BURGERKILL (BK) dan salah sa

    on Oct 15, 2021