×
×

Search in Mata Mata Musik

Warner Music Group Menjalin Kemitraan Dengan Twitch

Posted on: 09/28/21 at 11:00 am

Warner Music Group WMG dan Twitch

Di tengah maraknya industri musik yang secara masif sudah memasuki ranah digital, Warner Music Group (WMG) selaku perusahaan rekaman skala dunia menjalin kerja sama dengan Twitch, sebuah layanan video streaming milik Amazon yang berpusat di Amerika Serikat. Dengan demikian seluruh katalog artis milik WMG tentu bisa kita saksikan lewat layanan video streaming ini.

Baca juga: Hak Global Seluruh Katalog Musik David Bowie Dipegang Warner

Sebagai langkah awal dari perjanjian tersebut Warner akan meluncurkan kanal perdana artis mereka dan menampilkan Bella Poarch, Saweetie dan penyanyi/produser Atlantic Records yang sedang melambung namanya, Sueco. Dalam kanal ini juga akan menampilkan beberapa konten eksklusif dan beberapa tayangan mengenai kegiatan di balik layar para artis.

Tentu saja tayangan yang akan disiarkan lewat Twitch akan dikurasi secara profesional oleh IMGN media. Perlu diketahui IMGN adalah perusahaan digital kreatif yang telah diakuisisi oleh WMG pada tahun lalu. “Langkah ini akan memberdayakan peluang Warner Music untuk memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Twitch. Berpeluang untuk membuka pendapatan tambahan serta menjadi jalan untuk lebih mengenal para pengguna Twitch dengan baik,” ungkap media tersebut.

Di sisi Twitch sendiri kini telah menandatangani dua kesepakatan bisnis musik yang signifikan selama kurang dari dua minggu. Pekan lalu bersama The Nasional Music Publisher Association (NMPA), Twitch membangun suatu kesepakatan untuk bermitra dalam lingkup layanan dan penerbitan musik.

Maraknya Pelanggaran Terhadap Karya Warner Music Group

Twitch juga mengumumkan bahwa mereka telah menciptakan suatu regulasi. Pemegang hak musik yang terdaftar, dapat mengambil tindakan untuk melaporkan penggunaan tertentu dari musik mereka. Hal ini disebabkan oleh banyaknya pembuat konten yang menggunakan musik dari katalog mereka tanpa izin baik disengaja maupun tidak disengaja.

Oana Ruxandra selaku Chief Digital Officer dan EVP, Business Development dari WMG mengatakan, “Sangat jelas jika Twitch menjadi ruang yang sangat diperlukan bagi semua pembuat konten untuk terhubung dengan komunitas penggemar mereka.”

Tracy Chan selaku VP, Head of Music dari Twitch menambahkan, “Twitch selalu dan terus menjadi media pertama bagi penggemar, artis, dan semua kreator untuk menjalin komunikasi yang bermakna secara langsung di Twitch. Hal itu dipastikan akan  terus berkembang setiap harinya.”

“Kami menghargai pendekatan mutualisme oleh rekan-rekan kami di Warner Music dan menantikan kemitraan yang produktif,” lanjut Tracy menanggapi kerja sama tersebut.

Baca juga: Warner Music Group Umumkan Rencana Untuk Menjual Saham Mereka Secara Publik

Adaptasi Perkembangan Zaman

Secara tidak langsung, mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan zaman. Semua akan digiring ke ranah digital termasuk cara menikmati musik itu sendiri. Di satu sisi nilai positifnya tentu serangkaian informasi terkini akan sangat cepat untuk dikonsumsi. Di sisi lain, sang artis dituntut harus terus up to date terhadap pemberitaan kegiatan dan karya yang dibuat. Semoga saja langkah ini menjadi acuan agar semua pelaku musik tetap beradaptasi tanpa meninggalkan esensi musik itu sendiri.

Penulis, Penerjemah & Editor: Arslan Musyfia

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    David Bowie

    Hak Global Seluruh Katalog Musik David Bowie Dipegang Warner

    Suatu pengumuman datang dari Warner Music Group (WMG), mereka menyatakan bahwa seluruh album David Bowie sejak tahun 2000 hingga akhir hayatnya di tahun 20

    on Sep 17, 2021
    Spotify

    Spotify Hadirkan Fitur Live Stream: Virtual Event Dengan Songkick & Ti...

    Spotify Virtual Event. Spotify pada hari ini, 16 September 2020 resmi mengumumkan peluncuran fitur acara virtual, yang memungkinkan para penggemar musik ter

    on Sep 16, 2020
    The 1975

    Industri Musik Inggris dan 700 Artis Lebih Bersatu Untuk Perangi Keben...

    The 1975. (Foto: Jordan Hughes). Lebih dari 700 anggota komunitas musik Inggris, termasuk artis, manajer, eksekutif di perusahaan rekaman, agensi, industri

    on Aug 3, 2020
    Warner Music Group

    Warner Music Kucurkan Rp 1,4 Triliun Untuk Kampanye Lawan Kekerasan da...

    Len Blavatnik, big boss Warner Music Group. Tampaknya kampanye “Blackout Tuesday" telah mulai menunjukkan hasil nyata. Salah satunya yang paling signifika

    on Jun 4, 2020