×
×

Search in Mata Mata Musik

Warner Music Kucurkan Rp 1,4 Triliun Untuk Kampanye Lawan Kekerasan dan Rasisme

Posted on: 06/4/20 at 7:00 am

Len Blavatnik, big boss Warner Music Group.
Len Blavatnik, big boss Warner Music Group.

Tampaknya kampanye “Blackout Tuesday” telah mulai menunjukkan hasil nyata. Salah satunya yang paling signifikan adalah Warner Music Group dan Blavatnik Family Foundation dengan pemilik utamanya, Len Blavatnik, yang telah mengumumkan dana sebesar US$ 100 juta atau sekitar Rp 1,4 triliun akan didonasikan untuk mendukung kegiatan amal terkait dengan industri musik, keadilan sosial dan kampanye melawan kekerasan dan rasisme.

Baca juga: Adele Minta Kepada Fans Untuk “Marah Tapi Fokus” Saat Hormati George Floyd

Menurut pengumuman itu, panel penasihat yang terdiri dari orang-orang yang ditunjuk dari Warner Music Group dan Blavatnik Family Foundation akan menetapkan prosedur untuk mengidentifikasi dan mendukung mereka yang ada di komunitas musik, dan organisasi-organisasi yang memperkuat pendidikan, dan mempromosikan kesetaraan, peluang, keragaman dan inklusi. Panel penasihat itu juga akan menentukan jumlah dan waktu pemberian hadiah dananya.

Pengumuman itu datang hanya beberapa jam setelah “Blackout Tuesday” berakhir – di mana industri musik pada dasarnya menghentikan operasi sehari-hari mereka untuk memprotes kekerasan polisi terhadap komunitas kulit hitam, dan menyusun strategi tentang cara-cara untuk mendukung komunitas dan para artis dan eksekutif berkulit hitam yang telah berkontribusi sangat banyak kepada industri musik dan kulturnya.

Kampanye ini diluncurkan akhir pekan lalu oleh #TheShowMustBePaused, sebuah inisiatif yang dibentuk oleh Jamila Thomas, seorang eksekutif musik di Atlantic Records milik Warner Music, dan Brianna Agyemang dari Platoon, dan didukung oleh banyak pihak dari industri musik, termasuk semua perusahaan terbesarnya.

Superstar asal Kanada The Weeknd, yang menyumbangkan US$ 500 ribu (Rp 7 miliar) untuk berbagai organisasi pemberdayaan orang kulit hitam pada hari Senin lalu, serta meminta perusahaan-perusahaan raksasa itu untuk “donasi besar-besaran” dengan sumbangan mereka minggu ini.

Steve Cooper, sang CEO Warner Music Group mengatakan, “Dana ini akan mendukung para organisasi luar biasa yang berdedikasi yang berada di garis depan perjuangan melawan rasisme dan ketidakadilan, dan yang juga membantu mereka yang membutuhkan di industri musik. Panel penasihat kami, yang akan mencakup beragam orang dari tim kami dan komunitas yang lebih luas, akan membantu kami menjadi sangat bijaksana dan bertanggung jawab dalam bagaimana kami membuat dampak ini. Kami bertekad untuk berkontribusi, secara jangka panjang, pada upaya untuk membawa perubahan nyata”.

Baca juga: Madonna Diserang Netizen Setelah Cuitan Tribute Untuk George Floyd Secara Aneh

Beberapa menit sebelumnya, perusahaan itu juga mengungkapkan harga untuk penawaran umum perdananya bagi yang ingin membeli saham, yang diumumkan pada Januari tetapi tertunda beberapa minggu karena pandemi virus Corona.

Blavatnik Family Foundation secara eksklusif didanai secara independen oleh Len Blavatnik, pemilik mayoritas saham dan pendiri dan ketua Access Industries, sebuah kelompok industri swasta yang berbasis di Amerika Serikat (AS).

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Republic Records.

Republic Records Tidak Akan Lagi Pakai Kata “Urban” Untuk Genre Mu...

Anak perusahaan rekaman atau sub-label dari Universal Music Group, Republic Records mengumumkan ke publik akan berhenti menggunakan istilah "urban" sebagai

on Jun 7, 2020
The Weekend.

The Weeknd Ajak Major Label Donasi Besar-Besaran Untuk Melawan Rasisme

The Weeknd. (Foto: WENN/Instar). The Weeknd, yang pada hari Senin lalu menyumbangkan US$ 500.000 alias sekitar Rp 7 miliar untuk organisasi pemberdayaan ora

on Jun 4, 2020
The Weeknd

The Weeknd Gandeng Doja Cat Berduet Di Versi Remix Lagu ‘In Your Eye...

The Weeknd dan Doja Cat. (Foto: Matt Baron/Shutterstock; Eric Charbonneau/Shutterstock). The Weeknd telah merilis versi remix salah satu lagu paling bernuan

on May 22, 2020
The Weeknd

The Weeknd Ngaku Masih Perjaka Dalam Lagu Baru di Kartun ‘American D...

The Weeknd. (Foto: Joshua Blanchard/Getty Images). Penyanyi dark R&B The Weeknd, alias Abel Tesfaye, tampil secara eksklusif sebagai dirinya sendiri di

on May 6, 2020