×
×

Search in Mata Mata Musik

White Album Ukir Sejarah di AS

Posted on: 02/25/19 at 10:00 am

Double album dari The Beatles ini berhasil meraih 24 kali sertifikat Platinum.

Oleh: Laura Stavropoulos. (uDiscover Music)

Lebih dari 50 tahun sejak White Album milik The Beatles pertama kali mengguncang tangga lagu, double album dari The Fab Four tersebut meraih 24 kali sertifikat Platinum—menjadikannya sebagai rilisan bersertifikasi tertinggi keempat dalam sejarah AS.

The Beatles saat ini memiliki status istimewa sebagai band bersertifikasi tertinggi di sejarah Gold dan Platinum Award, dengan 178 juta sertifikasi untuk seluruh diskografi mereka. Kompilasi 1967-1970 dan 1962-1966 bersama dengan Abbey Road dan Sgt Pepper’s Lonely Hearts Club Band telah jauh melampaui sertifikat Diamond.

Album The Beatles, White Album, dengan sertifikasi 24x Platinum. (Foto: RIAA)

“Tidak diragukan lagi, The Beatles adalah salah satu band paling berpengaruh sepanjang masa, dengan musik yang popularitasnya bertahan lama,” kata Mitch Glazier, Chairman dan CEO Recording Industry Association of America.

“Keajaiban John, Paul, George, dan Ringo terus dirasakan oleh penggemar baru di semua penjuru negeri dan kami merasa terhormat bisa menghadiahi mereka dengan pencapaian penting ini. Status Diamond sendiri adalah prestasi yang langka—agar sebuah album bisa mendapatkan 24x Platinum, album itu benar-benar telah menjadi bagian dari struktur budaya Amerika. Selamat kepada The Beatles dan keluarga mereka, Apple Corps, Capitol dan UMe, dan semua yang telah membantu menciptakan album ini dan membawanya ke dunia.”

Versi remix terbaru dari White Album terbit tahun lalu untuk menandai ulang tahun ke-50 album ini. Dikelola oleh Giles Martin, anak dari produser lama The Beatles, George Martin, versi terbaru ini memulai debut di No. 6 daftar Billboard 200 dan terjual lebih dari 63.000 unit setara album dalam minggu pertamanya.

“Ada kesegaran yang dihembuskan ke dalamnya,” ucap Martin dalam wawancara dengan uDiscover Music pada saat perilisan.

Album lain yang termasuk dalam daftar lima besar album yang bersertifikasi RIAA yaitu: Eagles – Greatest Hits 1971-1975 (38x Platinum), Michael Jackson – Thriller (33x Platinum), Eagles – Hotel California (26x Platinum), Billy Joel – Greatest Hits Volume I & Volume II, Led Zeppelin – Led Zeppelin dan Pink Floyd – The Wall (masing-masing 23x Platinum).

Keterangan Foto Utama: The Beatles. (Foto: Getty Images)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Industri Musik AS Tuduh Amazon Jual ‘Jutaan CD Palsu’

Industri Musik AS Tuduh Amazon Jual Jutaan CD Palsu

“Pemalsuan adalah masalah lama,” kata Amazon, “tapi masalah yang akan terus kami lawan untuk melindungi konsumen, merek, dan penjual.” Recording Ind

on Aug 21, 2019
The Beatles Kembali ke Abbey Road Untuk Edisi Ulang Tahun ke-50

The Beatles Kembali ke Abbey Road Untuk Edisi Ulang Tahun ke-50

Album ini baru saja di-mix oleh produser Giles Martin dan mix engineer Sam Okell, disertai dengan 23 rekaman dan demo, yang sebagian besar belum pernah dirilis

on Aug 12, 2019
YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

YouTube Blokir Beberapa Situs Pengunduh Video

Tidak mendapat bantuan dari RIAA, YouTube memblokir sendiri beberapa situs yang dianggap ‘mencuri’ streams-nya (stream ripping). Mengunduh video dari Yo

on Jul 14, 2019
Terinspirasi Band Sang Ayah, Stella McCartney Luncurkan Koleksi Terbarunya!

Terinspirasi Band Sang Ayah, Stella McCartney Luncurkan Koleksi Terbar...

Visual koleksi “All Together Now” terinspirasi dari film Yellow Submarine. Stella McCartney mengambil inspirasi dari ayahnya untuk koleksi pakaian terba

on Jul 10, 2019