×
×

Search in Mata Mata Musik

Wolfgang Van Halen Debut Single Solo, ‘Distance’ Via Video Tribute Untuk Ayahnya

Posted on: 11/16/20 at 10:30 am

Wolfgang Van Halen Debut Single Solo, 'Distance' Via Video Tribute Untuk Ayahnya

Putra kandung semata wayang mendiang Eddie Van Halen, Wolfgang Van Halen telah meluncurkan single pertama dari proyek solo barunya Mammoth WVH. Berjudul ‘Distance’, lagu ini disertai dengan video penghormatan yang sangat menyentuh perasaan untuk mendiang ayah tercintanya, sang gitaris legendaris Eddie Van Halen.

Baca juga: Gitar Frankenstrat Eddie Van Halen Akan Dilelang Di Icons & Idols: Rock and Roll

Sebenarnya Wolfie – panggilan akrab Wolfgang, sudah menciptakan lagu ini sebelum sang ayah dipanggil Sang Khalik. Doi menulis lagu tersebut saat mendiang ayahnya, Eddie Van Halen, berjuang melawan kanker, “membayangkan seperti apa hidup gue tanpa dia, dan betapa gue akan sangat merindukannya,” seperti yang dijelaskan Wolfgang dalam sebuah pernyataan.

“Gue nggak pernah bermaksud ‘Distance’ menjadi lagu pertama yang didengar orang dari gue, tapi gue juga berpikir bokap gue akan berada di sini untuk merayakan perilisannya,” kata Wolfgang dalam siaran pers. “Ini untuknya. Aku sayang dan merindukanmu, Pah”.

Wolfgang, rekaman dengan nama Mammoth WVH, memainkan semua instrumen dan menjadi penyanyi utamanya, tetapi itu terasa seperti band yang nyata dan berpengaruh, meskipun dengan gaya yang mendekati rock pertengahan 2000-an ketimbang gaya Van Halen klasik. “I don’t think I’ll ever move on,” lantun Wolfgang dalam lirik lagunya.

Video tersebut, yang seluruhnya dikumpulkan dari film-film rumahan lama – beberapa direkam oleh ibu Wolfgang, Valerie Bertinelli – menampilkan Eddie sebagai ayah yang memujanya, dengan cuplikan dirinya yang sedang menyusui bayi Wolfie dan menunjukkan kepadanya gitar dan piano sebelum doi bisa ngomong.Video ini diakhiri dengan pesan suara yang menyayat hati: “Aku sangat senang memiliki kamu sebagai putraku, nak. Aku sangat bangga dengan kamu. Aku sangat mencintaimu. Hubungi aku jika kamu mendapat kesempatan. Aku hanya ingin mendengar suaramu”.

Lagu tersebut merupakan single pertama dari album solo karya Wolfgang yang sudah doi simpan lama, yang akhirnya akan dirilis tahun depan. Doi memberi tahu Howard Stern bahwa album itu bisa saja dirilis paling cepat 2018, tetapi doi menundanya karena ingin menghabiskan waktu bersama ayahnya yang sakit.

Nama band Mammoth WVH adalah rujukan untuk sejarah keluarga – Eddie dan Alex Van Halen band bernama Mammoth ketika David Lee Roth pertama kali bergabung pada tahun 1974. Wolfgang bergabung dengan band ayahnya, Van Halen sebagai pemain bass, menggantikan Michael Anthony, yang dimulai saat tur reuni tahun 2008 dengan vokalis David Lee Roth. Doi bertahan di band ayahnya sampai tur terakhirnya di tahun 2015.

Baca juga: Anekdot Keren Kontribusi Eddie Van Halen Di Lagu Michael Jackson ‘Beat It’

Tonton deh video ‘Distance’ di bawah ini… sumpah, terharu banget :'(

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Burung Beo Nyanyi

    Seekor Burung Beo Berbakat Menyanyikan Lagu-Lagu Led Zeppelin, GNR, Va...

    Tico, si burung beo bersama majikannya, Frank Maglio. (Foto: via YouTube). Burung beo rocker. Yoi, ada seekor burung beo yang memiliki suara bagus dan gemar

    on Jan 19, 2021
    Penyebab Kematian Eddie Van Halen

    Penyebab Kematian Eddie Van Halen Resmi Diungkap, Abu Kremasinya Dibua...

    Eddie Van Halen (Foto Muda: MediaPunch/REX, Foto Tua: Michele Eve Sandberg). Lebih dari dua bulan setelah kematian tragis sang legenda gitar Eddie Van Halen

    on Dec 15, 2020
    Eddie Van Halen

    Rekaman Lawas Eddie Van Halen Mengcover Lagu Jimi Hendrix Muncul Ke Pe...

    Jimi Hendrix (Foto: David Redfern/Redferns) / Eddie Van Halen (Foto: Mediapunch/REX Shutterstock). Kibordis David Garfield telah bermain dengan banyak bange

    on Nov 28, 2020
    Van Halen

    George Lynch & Sebastian Bach Puji Spanduk Biden-Harris Bergaya Logo V...

    George Lynch dan Sebastian Bach. Dua rocker gaek yang sangat disegani, George Lynch dan Sebastian Bach sama-sama memuji spanduk kampanye paslon capres Ameri

    on Oct 24, 2020