×
×

Search in Mata Mata Musik

Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy 2021, Ini Alasannya

Posted on: 03/16/21 at 1:00 pm

Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy Awards 2020, Ini Alasannya
Wolfgang dan Eddie Van Halen. (Foto: Philip Cosores).

Banyak pemirsa yang menyaksikan acara live streaming Grammy Awards 2021 yang digelar pada hari Minggu malam lalu merasa kecewa dengan segmen penghormatan yang sangat singkat kepada mendiang Eddie Van Halen.

Baca juga: Inilah Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2021 Yang Kita Tunggu

Pada hari Senin, putra semata wayang Van Halen, Wolfgang mengungkapkan bahwa sebenarnya doi diundang untuk tampil di panggung Grammy dalam segmen tersebut untuk memainkan lagu ‘Eruption’ Van Halen, tetapi menolaknya. Dan doi pun termasuk orang yang kecewa, bahkan wajar jika menjadi orang yang paling dikecewakan dari cara penghormatan yang kurang layak di ajang prestisius sekaliber Grammy.

Di acara Grammy, mendiang artis legendaris lainnya seperti John Prine, Little Richard, dan Kenny Rogers ditampilkan dengan pertunjukan musik yang lengkap, sedangkan Eddie Van Halen hanya ditampilkan dengan gitar Frankenstrat ikoniknya yang duduk di atas panggung selama 15 detik dalam segmen “In Memoriam” dan dilatari oleh beberapa tayangan video performa sang gitaris virtuoso.

Dalam postingannya di media sosial, Wolfgang menjelaskan bahwa doi ogah memainkan lagu instrumental Van Halen ‘Eruption’ karena doi merasa doi enggak akan melakukannya dengan adil. Meski begitu, doi berharap Grammy akan berbuat lebih banyak untuk menghormati ayahnya:

The Grammy meminta gue untuk memainkan ‘Eruption’ untuk segmen ‘In Memoriam’ dan gue menolak. Gue merasa enggak ada orang yang bisa memenuhi apa yang bokap gue lakukan untuk musik kecuali dirinya sendiri.

Menurut pemahaman gue, akan ada segmen ‘In Memoriam’ di mana potongan-potongan lagu dibawakan untuk artis legendaris yang telah meninggal. Gue enggak menyadari bahwa mereka hanya akan menampilkan Papa selama 15 detik di tengah 4 pertunjukan lengkap untuk artis lain.

Yang paling menyakitkan adalah nama dia bahkan enggak disebutkan saat membicarakan artis yang meninggal pada saat awal pertunjukan. Gue tahu rock bukanlah genre yang paling populer saat ini, (dan The Recording Academy tampaknya agak ketinggalan zaman) tetapi gue pikir enggak mungkin untuk mengabaikan warisan yang ditinggalkan bokap gue pada instrumen gitar, dunia rock, dan musik secara umum. Enggak akan pernah ada inovator lain seperti dia.

Gue bukannya ingin memulai semacam parade kebencian di sini, gue hanya ingin menjelaskan sisi gue. Gue tahu Papa mungkin hanya akan menertawakan hal itu dan berkata ‘Ehh siapa yang peduli?’ Dia hanya tentang musik. Sisanya enggak penting.

Gue pengen banget mendapat kesempatan untuk berbicara dengan The Recording Academy, enggak hanya tentang warisan bokap gue, tetapi warisan genre Rock ke depannya.

Kekecewaan Wolfgang dalam penghormatan yang kurang layak itu juga dirasakan oleh musisi lain. Pegulat profesional sekaligus rocker, vokalis Fozzy, Chris Jericho menegur keras Recording Academy melalui postingannya di Twitter: “Hei @RecordingAcad… enggak ada penghormatan untuk @eddievanhalen malam ini? Kalian dan penghargaan omong kosong kalian bisa GO FUCK YOUR ASS !! Dan jangan pernah mencoba memberikan nominasi kepada band gue (Fozzy -Ed.). Gue lebih suka memenangkan @RazzieAwards”.

Baca juga: Wolfgang Van Halen Debut Single Solo, ‘Distance’ Via Video Tribute Untuk Ayahnya

Sementara itu, singel solo debut dari Mammoth WVH, proyek musik Wolfgang, baru-baru ini mencapai No. 1 di chart Billboard Mainstream Rock. Berjudul ‘Distance’, lagu ini didedikasikan untuk sang ayah. Album solo pertama dari Van Halen junior ini akan dirilis pada 11 Juni.

Penulis & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Grammy Awards

    Inilah Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2021 Yang Kita Tunggu

    Foto: Don Emmert/AFP via Getty Images. Grammy Awards tahun ke-63 telah rampung digelar di Los Angeles pada hari Minggu, 14 Maret pukul 8 malam atau Senin, 1

    on Mar 16, 2021
    Grammy Awards 2021

    Grammy Awards 2021: Bocoran Siapa Yang Akan & Seharusnya Menang

    Beyoncé, Fiona Apple, Taylor Swift, Phoebe Bridgers (Foto: Getty Images). Perhelatan tahunan Grammy Awards yang ke-63 digelar pada 15 Maret 2021. Ditunda d

    on Mar 13, 2021
    The Weeknd

    The Weeknd Mulai Sekarang Boikot Grammy Awards Sejak Dilecehkan

    The Weeknd. (Foto: Getty Images). The Weeknd makin melesat sebagai penyanyi top dunia setelah doi merilis album After Hours tahun lalu. Enggak hanya menjadi

    on Mar 12, 2021
    Zayn Malik

    Zayn Malik Mencela Grammy Di Twitter, Ini Alasan Yang Sebenarnya

    Zayn Malik. (Foto: Patrick McMullan via Getty Images). Nampaknya daftar artis yang enggak suka dengan Grammy Awards tahun ini makin panjang. Tentu saja term

    on Mar 10, 2021