×
×

Search in Mata Mata Musik

Woodstock 50 Akhirnya Dibatalkan!

Posted on: 08/1/19 at 1:37 pm

Setelah berbulan-bulan dirundung masalah, perayaan 50 tahun Woodstock yang akhirnya hampir digelar di Maryland pada 16-18 Agustus telah resmi dibatalkan.

Kejelasan penyelenggaraan Woodstock 50 akhirnya mencapai titik akhirnya. Pada Rabu (31/7) kemarin, perayaan 50 tahun festival musik bersejarah ini, yang dijadwalkan berlangsung pada pertengahan Agustus, secara resmi dibatalkan oleh pihak penyelenggara, yang menyalahkan hal ini pada serangkaian “halangan yang tidak terduga.”

Baca Juga: Perayaan Woodstock 50 Jadi Konser Amal?

Festival selama tiga hari ini—yang dimaksudkan menandai 50 tahun perayaan perdamaian dan musik yang diadakan pada tahun 1969—direncanakan berlangsung pada 16-18 Agustus.

Greg Peck, ketua pelaksana Woodstock 50, mengatakan “perselisihan yang disayangkan” dengan mitra pendana dan proses hukum setelahnya memaksa mereka untuk pindah lokasi dan mengklaim mereka pada akhirnya kehabisan waktu.

“Dengan waktu yang mepet kami hanya punya sedikit pilihan di mana artis kami akan dapat tampil. Kami berusaha keras menemukan cara untuk menghadirkan perayaan yang layak—dan beberapa artis hebat bergabung pekan lalu untuk mendukung Woodstock 50—tetapi kami hanya punya waktu yang sangat singkat,” ujar Peck.

Michael Lang, salah satu produser pertunjukan di 1969, menambahkan bahwa sangat tidak mungkin pihaknya dapat melaksanakan rencana semula.

“Kami menyayangkan adanya serangkaian halangan yang tidak terduga yang tidak memungkinkan kami untuk menggelar festival yang kami bayangkan dengan lineup besar yang telah kami rencanakan dan keterlibatan sosial yang kami harapkan,” kata Lang.

Spekulasi seputar pembatalan festival sebenarnya sudah lama muncul, terutama sejak Dentsu (investor awal mereka) menarik diri dari daftar pendana festival. Selain itu, permohonan penyelenggara untuk lokasi festival—yang pertama di Watkins Glen, kemudian di Vernon Downs—juga terus mengalami penolakan. Masa depan festival semakin diperburuk dengan mundurnya sejumlah penampil utama, termasuk rapper Jay-Z dan bintang pop Miley Cyrus.

Tiket acara pun tidak pernah dijual.

Minggu lalu, penyelenggara mengungkapkan upaya terakhirnya untuk mengadakan acara gratisan di lokasi yang lebih kecil, di sebuah ampiteater di Maryland. Namun beberapa dari 80 musisi mulai berguguran meskipun telah dibayar penuh.

Dalam pernyataannya, Lang mengatakan acara yang lebih kecil di Maryland dimaksudkan untuk mengumpulkan dana yang akan disalurkan ke yayasan nirlaba yang mendukung perlawanan terhadap perubahan iklim dan organisasi yang mendorong warga Amerika untuk memberikan suara mereka dalam pemilihan umum AS di 2020.

Baca Juga: Michael Lang Akan Hadiri Perayaan Woodstock ke 50

Woodstock 50 awalnya direncanakan digelar di lokasi balap motor Watkins Glen di bagian utara New York, tetapi pemilik lokasi membatalkan kesepakatan mereka pada bulan Juni. Penyelenggara kemudian dengan sia-sia berusaha mendapatkan izin untuk tampil di Vernon, New York.

Nirlaba Bethel Woods Center for the Arts, pemilik lapangan di mana festival Woodstock 1969 berlangsung, juga mengurungkan niat mereka sebagai tuan rumah festival tiga hari ini. Sebaliknya, mereka akan mengadakan konser terpisah yang menampilkan Ringo Starr, Santana dan The Doobie Brothers.

“Saya mendukung Bethel dan perayaannya atas ulang tahun ke-50 kami untuk memperkuat nilai-nilai kasih sayang, martabat manusia dan keindahan perbedaan kita yang dirangkul oleh Woodstock,” kata Lang dalam pernyataannya pada hari Rabu.

Keterangan Foto Utama: Sebuah van di lokasi asli Woodstock Festival di Bethel, New York pada 14 Agustus 2009. (Foto: AP/Stephen Chernin)

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Tiffany Young & Lee Hi meriahkan Super K-Pop Festival Indonesia 2019

SKF Indonesia 2019 Umumkan Nama Baru di Daftar Penampilnya!

Super K-Pop Festival Indonesia 2019 yang akan digelar selama dua hari ini mendatangkan nama-nama populer seperti Tiffany Young, Red Velvet, D&E SuJu. Su

on Aug 17, 2019
Primal Scream

Primal Scream Muncul di Line Up Soundrenaline 2019

Band garage rock asal Inggris ini untuk pertama kalinya akan tampil di Indonesia. Baca Juga: Primal Scream Umumkan Maximum Rock ‘N’ Roll: The Singles

on Aug 14, 2019
Staf Tomorrowland Dilaporkan Jualan Narkoba di Lokasi Festival

Beberapa Staf Tomorrowland Dilaporkan Jualan Narkoba di Lokasi Festiva...

Penyelenggara yakin ini hanyalah ulah yang salah tempat dari beberapa staf dan tidak mewakili perilaku banyak staf lainnya. Menurut investigasi rahasia yang

on Aug 13, 2019
Acara ‘Storm Area 51’ Beralih Menjadi Alienstock Festival

Storm Area 51 Beralih Menjadi Alienstock Festival

Hanya beberapa hari setelah acara mereka dihapus oleh Facebook, pendiri halaman acara Storm Area 51 mengubah acaranya menjadi festival musik sungguhan yan

on Aug 13, 2019