×
×

Search in Mata Mata Musik

“Year On TikTok” Merayakan Video Favorit Di Indonesia & Melihat Trend Masa Depan

Posted on: 12/15/20 at 11:30 am

“Year On TikTok” Merayakan Video Favorit Di Indonesia & Melihat Trend Masa Depan
Christian Bong, Nadya Ardianti, Angga Anugrah Purtra – Year on TikTok 2020.

TikTok, aplikasi video singkat dengan misi untuk membawa kebahagiaan, hari ini mengumumkan “Year on TikTok”, sebuah koleksi video, musik, kreator, yang membawa senyuman dan memberikan inspirasi bagi kreativitas di komunitas TikTok sepanjang tahun 2020.

Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh tantangan terutama saat dunia menghadapi pandemi global, yang membawa pada pembatasan sosial serta rasa kehilangan, sarat dengan perjuangan masyarakat, dan ketidakpastian ekonomi. Namun, di tengah perubahan ini, ada satu hal yang tetap sama: hati, jiwa, kepedulian, dan kreativitas komunitas TikTok.

Baca juga: Rayakan Ultahnya, TikTok Bertekad Dukung Penuh Inovasi Musik Indonesia

“Tujuan TikTok selama ini adalah menyatukan orang-orang untuk saling menginspirasi dan berbagi momen kebahagiaan. Sepanjang tahun ini, kami menyaksikan banyak momen seperti itu dan menemukan rasa kebersamaan meskipun banyak dari kita yang menghabiskan tahun ini dengan saling berjarak. Kami sangat bangga menjadi bagian dari komunitas ini dan berterima kasih pada kreator Indonesia yang memilih TikTok sebagai rumah untuk kreativitas mereka,” kata Angga Anugrah Putra, Head of User and Content Operations,TikTok Indonesia. “Dengan meluncurkan “Year on TikTok” ini kami berharap pengguna dapat melihat secercah kebahagiaan di tahun ini dan menatap masa depan dengan optimis.”

“Year on TikTok” bukan hanya untuk merayakan kreativitas tahun ini, tapi juga sebagai momentum untuk melihat ke tren masa depan, baik itu untuk brand, industri hiburan, atau bahkan pendidikan, dan melihat bagaimana TikTok bisa memainkan peranannya.

“TikTok berbeda dengan platform lain. TikTok menonjol karena ruang untuk hiburannya, dan siapa pun bisa menjadi kreator. Platform ini memungkinkan penggunanya untuk mengekspresikan diri secara otentik, dan dalam hitungan detik, mereka bisa menciptakan sesuatu yang unik, yang juga relevan dengan pengguna lain. Elemen-elemen ini yang menjadikan TikTok unik, sehingga daya tarik dan engagement-nya besar,” kata Nadya Ardianti, Chief Client Officer, Kantar Indonesia. “Berdasarkan hasil interview Kantar dengan ahli di bidang media yang dirangkum di laporan “The Power of TikTok” menunjukkan bahwa TikTok bisa membantu brand untuk mencapai audience yang beragam dan tidak hanya bisa meningkatkan brand awareness, tapi juga bisa mendorong pembelian.”

Dari industri musik, TikTok dikenal sebagai batu loncatan bagi penemuan musik viral, serta destinasi bagi musisi serta kreator yang ingin menunjukkan karya musik dan terhubung dengan audiens baru. “Di tahun 2021, TikTok akan memberikan panggung yang lebih besar bagi musisi profesional dan pemula. Hal itu sudah mulai terjadi sekarang, dan dengan inklusifitas yang ada di TikTok, beragam musik baru akan bergabung di sini. Mereka bahkan mungkin bisa mendapatkan kesempatan untuk masuk ke industri musik global,” kata Christian Bong, pendiri komunitas musik Indomusikgram.

Inilah daftar lengkap video favorit yang membuat kita tersenyum tahun ini di “Year on TikTok 2020: Indonesia”:

Di sini TikTok ingin mengajak semuanya untuk mengingat kembali momen yang dibagi oleh komunitas kami, di “Year on TikTok: Top 100” di Indonesia.

Baca juga: DJ Lucu Konsisten Anonimus Dengan MV Animasi Single Hit TikTok ‘Gak Ada Otak’

Rising Creators
Satu hal yang kami temukan di TikTok tahun ini adalah keberagaman. Kami melihat para kreator dari latar belakang berbeda ini tumbuh dan memberikan inspirasi kepada sesama.

  1. @rensiasanvira
  2. @kulinersamacici
  3. @venithyacalista
  4. @asahpolapikir
  5. @bangijal.tv
  6. @dhiarcom
  7. @cheryantoinette
  8. @2beha10ribu
  9. @alsaaql
  10. @idgitaf

Top Creators
Kreator adalah jantungnya TikTok, menjadikan platform ini berbeda berkat kreativitas, komitmen, dan semangat mereka untuk menghadirkan konten yang dapat menginspirasi audiens di seluruh dunia. TikTok menjadi batu loncatan untuk kreator berkarya dengan membuat konten yang otentik dan memperlihatkan passion merek. Ini adalah kreator di Indonesia yang menjadi bintang TikTok tahun ini, menginspirasi banyak orang untuk memasak, bernyanyi, tertawa, dan main sepatu roda.

  1. sandys.ss
  2. jharnabhagwani
  3. realsesesvana
  4. jebunggg
  5. syarif.yosee
  6. vegadelaga
  7. emilmario69
  8. dimsthemeatguy
  9. h3yimrobby
  10. Avanthelove

Top Creative Effects
Dari efek spesial yang menghentikan waktu atau berganti background, tidak diragukan lagi bahwa alat kreatif yang ada di TikTok bisa membawa kebahagiaan pada banyak orang. Ini adalah top creative effects yang membuat video-video ini “TikTok banget”.

  1. Face Features
  2. Focus on Me
  3. Green Screen Video
  4. Disco Light
  5. My Background
  6. Shape Shift
  7. Timewrap Scan
  8. Color Selector
  9. Panning
  10. Artist

Most Viewed Videos
Saat diminta untuk di rumah saja, kami menemukan banyak bakat baru di TikTok, dari yang menjadi koki rumahan, penyanyi karbitan, ahli parenting, hingga guru transisi makeup. 10 video viral ini menjadikan mereka momen yang terkenal, meluncurkan karir mereka, dan selamanya akan masuk ke dalam daftar TikTok Top 100.

  1. @alsaaql
  2. @dedek_soemantri
  3. @rensiansavira
  4. @2beha10ribu
  5. @kulinersamacici
  6. @fahmimiasmr
  7. @diksielawrence
  8. @jharnabhagwani
  9. @janineintansari
  10. @ff.icall

Top Hashtag Challenges
Kreativitas menjadi ciri khas TikTok. Tren bisa dimulai dari satu video dan berubah menjadi inspirasi di platform lain, dan dengan cepat menyebar di dalam TikTok dengan bantuan suara, hashtaga, dan subyek. Baik itu tips dan tutorial, format komedi baru, tantangan makeup, atau kolaborasi, ini adalah tren yang terjadi di TikTok tahun 2020.

  1. #SamaSamaBelajar – Yang bisa dipelajar di TikTok
  2. #SamaSamaDiRumah – Karantina di rumah jadi seru
  3. #MasakdiRumah – Inilah para koki baru di rumah
  4. #DontLeaveMe – Bagi lelucon garing kalian di sini
  5. #SamaSamaDariTikTok – Mengingat momen seru di TikTok
  6. #PopcornDuet – Kolaborasi adalah kunci
  7. #PasstheBrushChallenge – Tantangan makeup yang jadi viral
  8. #GlowUpChallenge – Sebelum dan sesudah
  9. #DitantangNetizen – Permainan truth or dare ala netizen
  10. #SamaSamaIndonesia – Tunjukan cinta pada bangsa

Top Educators
Tahun 2020 menyaksikan banyak kreator saling berbagi pengetahuan, tips dan tutorial, dan inspirasi lainnya kepada komunitas. Inilah top educator di TikTok yang bisa memberikan hal baru untuk kita pelajari.

  1. @rensiasanavira
  2. @dr.ziee
  3. @borassaem
  4. @asahpolapikir
  5. @bagus.ya
  6. @ritajessica
  7. @buiraamira
  8. @irvingtan
  9. @ilmumakanan
  10. @claristacahyani

Top Celebrities
Selebriti di TikTok sama seperti kita semua. Di tahun 2020, itu berarti sama-sama terjebak di rumah selama pandemi. Dan sama seperti kita, mereka menggunakan TikTok untuk tetap terhibur dan terhubung dengan penggemar mereka. Menunjukkan sekali lagi bahwa mereka juga manusia. Dengan ada banyaknya selebriti yang memberikan nuansa baru ke komunitas TikTok, 10 selebriti ini menunjukkan komitmen, kreativitas, dan menjadikan mereka top selebriti di TikTok.

  1. Marion Jola
  2. Aurel Hermansyah
  3. Verrel Bramasta
  4. Nia Ramadhani
  5. Vidi Aldiano
  6. Prilly Latuconsina
  7. Rizky Febian
  8. Inul Daratista
  9. Sule
  10. Raisa

Top Duets
Dari fitur Duet, kami bisa menemukan banyak kreator musik berbakat di TikTok, dan ini kesempatan mereka untuk berduet dengan idola mereka.

  1. Kopi Dangdut – @asyrafjamall
  2. Bahasa Kalbu – @raisa6690
  3. Backyard Boys – @alsaaql
  4. My Boo – @patrahafizh
  5. Sesuatu di Jogja – @fachrimaulana
  6. Ku Puja Puja – @priabernadaa
  7. Lose – @niki
  8. Terpikat Senyummu – @idgitaf
  9. Countdown – @jebunggg
  10. Perlahan x Menepi – @rifqi

Top Music Tracks
Tahun ini menyaksikan lagu-lagu bersatu dengan kreator, dan membantu kreativitas mereka untuk menari, bertransformasi, dan bahkan menampilkan aksi komedi. 10 lagu ini – dari lagu baru, penyanyi baru, atau penyanyi senior – hanyalah sekelumit dari banyak lagu hits di TikTok yang membantu pengguna terhubung dengan jiwa superstar mereka.

  1. AAH Mantap
  2. Kopi Dangdut (Cover)
  3. Ampun Bang Jago
  4. Iri Bilang Bos
  5. Bertaut
  6. Lathi
  7. Hati Yang Kau Sakiti
  8. Doa Untuk Kamu
  9. Mungkin Hari Ini Esok Atau Lusa
  10. Pretty Real

Breakthrough Accounts
2020 ini tahun yang luar biasa. Kita merayakan, masak, mendengarkan, belajar, mendukung, dan tetap di rumah bersama. Menemukan kreativitas dan kebahagiaan di sepanjang jalan. Komunitas TikTok saling menyatu untuk berbagi momen inspirasi serta positif, dan kami melihat bagaimana institusi pemerintahan, organisasi, bisnis, dan brand menunjukkan authenticity serta koneksi yang tulus.

  1. @kemkominfo
  2. @lawancovid19_id
  3. @indonesia.travel
  4. @unicefindonesia
  5. @dearmebeauty
  6. @bittersweetbynajla
  7. @scarlett_whitening
  8. @estehindonesia
  9. @tiketcom
  10. @ngepopmie

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Daftar Nominasi JIMA 2021

    Inilah Daftar Nominasi & Cara Voting JOOX Indonesia Music Awards 2021!

    Sebuah penghargaan musik pertama yang diselenggarakan JOOX Indonesia untuk mengapresiasi musisi Indonesia dan dukungan penggemar terhadap perkembangan musi

    on Jun 7, 2021
    JIMA 2021

    JOOX Ajak Fans Dukung Idolanya Di JOOX Indonesia Music Awards 2021

    JOOX Indonesia sebagai Tuan Rumah Musik di Indonesia terus berupaya untuk mendukung musisi dan perkembangan industri musik di Indonesia. Perusahaan platfor

    on Jun 7, 2021
    Pop-Punk

    Pop-Punk Kembali Berjaya Berkat 'Crossover' Hip Hop & Aksi Viral TikTo...

    Pop-punk sepak terjangnya mengalami lonjakan selama setahun terakhir dan kemungkinan seterusnya. Terbukti subgenre punk rock ini kembali merayap ke banyak

    on May 10, 2021
    Juicy Luicy

    Juicy Luicy 'Lantas' Viral Di TikTok Berkat Prilly Latuconsina, Hana W...

    Aplikasi video singkat, TikTok, sudah enggak dipungkiri lagi menjadi aplikasi favorit kalangan anak muda zaman sekarang. Keberagaman konten yang ada, membu

    on Apr 25, 2021