×
×

Search in Mata Mata Musik

Yoi, Aiu Ratna Akhirnya Resmi Sebagai Vokalis Tetap COKELAT!

Posted on: 11/30/20 at 10:30 am

Yoi, Aiu Ratna Akhirnya Resmi Sebagai Vokalis Tetap COKELAT!
Cokelat. (Foto: Adi Wirantoko).

Lewat gelaran “Live Chat Streaming” via Cokelat Band Official Channel di YouTube pada Minggu malam, 29 November 2020, COKELAT akhirnya menetapkan AIU RATNA sebagai vokalis tetapnya. Sebelumnya, kedua pihak telah berkolaborasi di panggung selama lebih dari setahun. Bahkan sempat menelurkan sebuah single rekaman bertajuk ‘Anak Garuda’ pada Agustus 2020 lalu.

Baca juga: Lewat Single ‘Anak Garuda’, COKELAT Gugah Semangat Pantang Menyerah

Bagi COKELAT, bergabungnya Aiu telah menyuntikkan semangat berkarya yang semakin menggebu di tubuh band ini. Seolah menjadi pelengkap dari sebuah puzzle, dari suatu kekuatan berdaya ledak tinggi yang telah dibangun oleh EDWIN MARSHAL SJARIF (gitar), ERNEST FARDIYAN SYARIF (gitar), RONNY FEBRY NUGROHO (bass) dan AXEL ANDAVIAR (dram) sebelumnya. Inilah formasi terbaik COKELAT. Juga merupakan formasi paling diimpikan oleh Bintang Cokelat dan Aishiteru, sebutan untuk para penggemar COKELAT dan Aiu.

“COKELAT akhirnya kembali menemukan penyanyi yang sepadan. Benar-benar sesuai dengan apa yang gue inginkan,” seru Edwin menegaskan.

Kenapa COKELAT memilih Aiu?

Cokelat. (Foto: Adi Wirantoko).

“Saat ini, Aiu itu penyanyi wanita terbaik untuk nyanyi di sebuah band. Karena standar penyanyi di COKELAT harus tinggi, dan Aiu memiliki benang merah dengan musik COKELAT dari segi karakter dan ciri khas vokal. Jadi saat bertemu dengan Aiu, gue merasa ini sebuah puzzle yang komplit,” cetus Edwin meyakinkan.

“Jika ada yang tanya kenapa memilih Aiu, dari sekian banyak vokalis wanita di Indonesia yang bagus-bagus… ya karena memang Aiu yang paling bagus. Aiu yang paling pas. Baik secara musikal, maupun progresi bermusiknya matching banget dengan kami,” seru Ronny menimpali.

Aiu Ratna sendiri sudah memiliki jam terbang cukup tinggi di dunia panggung dan rekaman. Mulai berkarier sejak 2006 lewat film bertema musikal, “Garasi” garapan Miles Films dan bahkan sempat pula mengembara selama kurang lebih lima tahun di Negeri Sakura Jepang, demi mengasah kariernya sebagai penyanyi solo.

Kini, COKELAT telah menjadi rumah dan keluarga barunya, dan Aiu merasa sedang memasuki suatu fase baru yang sekaligus menetaskan semangat baru baginya. Dan yang paling melegakan bagi Aiu, terlibat di COKELAT sama sekali nggak terasa seperti bergabung dalam lingkungan baru.

“Karena para personilnya sudah kenal lama, dan lagu-lagunya pun sudah sangat familiar. Jadi proses adaptasinya tidak sulit dan bahkan bisa langsung terjalin chemistry-nya,” ucap Aiu terus-terang.

Dengan formasi barunya, COKELAT saat ini tengah menyiapkan sebuah single yang akan dirilis dalam waktu dekat. Sebuah karya rekaman baru yang benar-benar menunjukkan kolaborasi terbaik dari sebuah formasi terbaik.

Sekilas tentang COKELAT:

Dua dekade bukan waktu yang sebentar, dan bukan pula perjalanan waktu yang gampang untuk mempertahankan eksistensi, terutama untuk ukuran sebuah band. Tapi COKELAT, adalah satu dari sedikit band rock dari era pertengahan 1990-an yang sampai saat ini masih bisa berdiri tegak. Bergeming kokoh walau diterpa badai kegalauan industri musik Tanah Air, perpecahan formasi dalam tubuh band hingga riuhnya kelahiran band-band generasi berikutnya yang sewaktu-waktu mengancam eksistensi mereka.

Baca juga: Jackline Rossy Resmi Mengundurkan Diri Dari Cokelat

Sejak terbentuk di Bandung, COKELAT telah melahirkan delapan album studio, dan berhasil melejitkan sejumlah hits seperti ‘Karma’, ‘Segitiga’, ‘Pergi’, ‘Jauh’, ‘Luka Lama’ dan ‘Bendera’. Tahun 2020 ini, COKELAT juga merilis single ‘Anak Garuda’ yang berhasil masuk nominasi AMI Awards 2020 untuk kategori “Band Rock Terbaik”.

Sumber: Siaran Pers
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Woodplane

Dengan Single 'Nuraga', Woodplane Mengajak Mencintai Alam Penuh Rasa S...

Setelah sekian lama vakum sejak rilisan terakhir, album Urban Drama tahun 2018 lalu, Woodplane akhirnya kembali ke dapur rekaman dan kembali produktif di t

on Jan 18, 2021
Musisi Alih Profesi

10 Musisi Rock Yang Meninggalkan Musik Demi Mengejar Karier Lain

Ki-ka: Dave Rowntree (Blur), Greg Graffin (Bad Religion), Dan Spitz (eks-Anthrax)/insert foto, Terry Chimes (eks-The Clash). Mengejar atau meniti karier mus

on Jan 17, 2021
Rocker

Beginilah Reaksi Para Rocker AS Terhadap Aksi Protester Pro-Trump Yang...

Invasi protester pro-Trump di gedung US Capitol. (Foto: Anadolu Agency via Getty Images). Para rocker beken berikut ini: Paul Stanley (KISS), Tommy Lee (Mot

on Jan 8, 2021
Gene Simmons

Gene Simmons (KISS) Anggap “Rock Sudah Mati” dan Puji Billie Eilis...

Gene Simmons. (Foto: Harry How/Getty Images). Bassis/vokalis KISS, Gene Simmons mengulangi pernyataan sebelumnya bahwa "rock sudah mati", dengan mengatakan

on Jan 3, 2021