×
×

Search in Mata Mata Musik

Yoko Ono Merasa John Lennon Bakal Jadi Rapper Jika Masih Hidup

Posted on: 08/6/20 at 6:30 am

Yoko Ono Merasa John Lennon Bakal Jadi Rapper Jika Masih Hidup
John Lennon. (Foto: via YouTube).

Sepanjang kariernya, legenda The Beatles John Lennon telah membuat segala macam musik dari lagu-lagu blues-rock hingga instrumental yang avant-garde – tetapi dia tidak pernah membuat lagu rap. Musik rap diciptakan pada akhir tahun 1970-an, jadi sebenarnya John Lennon bisa saja bertindak out-of-the-box dan tercatat dalam sejarah awal hip-hop, tetapi dia tidak melakukannya. Menariknya, orang yang terdekat dalam hidupnya mengatakan bahwa John Lennon akan menjadi seorang rapper jika dia hidup sampai awal tahun 2000-an.

Baca juga: Alasan Mengapa The Beatles Bubar 50 Tahun Yang Lalu

Wawancara paling terkenal John Lennon

Pada tahun 1970, John Lennon melakukan sesi wawancara yang terkenal bersama Jann S. Wenner dari Rolling Stone. Wawancara panjang ini diterbitkan dalam format buku berjudul Lennon Remembers. Istrinya, Yoko Ono menulis kata pengantar untuk cetakan ulang Lennon Remembers pada tahun 2000.

Pada bagian pengantar ini, Yoko Ono mengatakan beberapa hal tentang John Lennon yang mungkin mengejutkan para fansnya. Dia mengatakan bahwa komentar suaminya itu di buku Lennon Remembers mungkin dapat menyebabkan orang-orang yang memiliki pikiran lemah untuk melompat keluar jendela. Dia membandingkan dampak buku itu dengan sentakan kopi “espresso yang sangat sangat buruk”. Nggak jelas apakah komentar ini adalah sebuah bentuk pujian atau nggak. Selain itu, Yoko Ono memiliki beberapa pandangan menarik mengenai potensi evolusi John Lennon sebagai seorang musisi.

Pendapat Yoko Ono tentang potensi hubungan John Lennon dengan kultur hip-hop dan Internet

“Aku sering bertanya, ‘Jika John ada di sini hari ini, menurutmu apa yang akan dia lakukan?’,” ujar Yoko Ono. “Yah, dia memang seorang seniman ‘kan, dan dia selalu inovatif. …Aku ingat John adalah seorang pria yang punk sebelum (adanya) Sid Vicious. Seorang rapper sebelum (adanya) rap. Apa yang akan dilakukan John sekarang? Kemungkinan besar, dia akan bergabung dengan para rapper, sambil terjun ke (kultur) Internet pada saat yang sama”.

Yoko Ono menggambarkan potensi hubungan John Lennon dengan Internet secara panjang lebar. Dia mengatakan bahwa John Lennon “mungkin akan menyukai Internet. Dia selalu berbicara tentang kedatangan ‘Global Village’. Dia pasti merasa senang (jika masih hidup) sekarang karena kita benar-benar memilikinya”.

Dampak John Lennon pada musik rap

Tentu saja gagasan tentang John Lennon nge-rap mungkin akan tampak aneh bagi banyak orang, khususnya fans The Beatles. Namun, perlu dicatat bahwa John Lennon adalah seorang pria musikal dengan jiwa Renaissance. Dia membuat musik dalam berbagai genre, termasuk folk, pop, rock and roll, blues rock, dan doo-wop (sejenis R&B). Apakah ide bahwa dia mungkin telah mencoba membuat musik hip-hop merupakan sesuatu yang berlebihan? Itu adalah suatu ide yang patut direnungkan para fansnya.

Baca juga: Anak John Lennon Peringati Kematian Sang Ayah dengan Foto Lama

Terlepas dari apa yang lo pikirkan tentang konsep John Lennon sebagai seorang rapper, dia tentu memiliki dampak pada kultur musik hip-hop. Misalnya, dia dan anggota The Beatles lainnya sering disebut dalam lagu-lagu rap oleh Beastie Boys, Rae Sremmurd, Wu-Tang Clan, dan berbagai rapper lainnya. Selain itu, Kanye West pernah membuat sample lagu ‘We All Water’ John Lennon ke dalam lagunya yang berjudul ‘Water’. Kita bisa berargumen bahwa para rapper telah menjaga warisan John Lennon tetap hidup sama halnya dengan para musisi rock dan pop, ya nggak sih?

Lil Wayne bahkan pernah membandingkan dirinya dengan John Lennon dalam lirik lagunya yang berjudul ‘John’, dengan mengatakan “(Terjemahan liriknya) Jika gue mati hari ini, ingat diri gue seperti John Lennon”. Itu tentu merupakan sebuah warisan yang ingin ditiru oleh semua rapper – terlepas dari apakah John Lennon akan bergabung dengan gaya musik mereka atau nggak.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

Pembunuh John Lennon

Pembunuh John Lennon Beri Pengakuan Baru Alasan Tindakan Kejinya

John Lennon. (Foto: Vinnie Zuffante/Michael Ochs Archives/Getty Images). Seorang pembunuh John Lennon pada tahun 1980, Mark David Chapman mengakui bahwa doi

on Sep 24, 2020
Roy Head

Roy Head, Rocker Lawas Pelantun Lagu Hit ‘Treat Her Right’, Mening...

Roy Head. (Foto via Facebook). Roy Head, rocker yang beken di era 1960-an dan paling dikenal karena lagu hit ‘Treat Her Right’, meninggal dunia pada usi

on Sep 23, 2020
FLUER!

FLEUR! Tampilkan Sisi Maskulin Lewat 'Lagu Lama', Single Terbarunya

FLUER! Trio cewek rock and roll. Ada banyak hal terjadi selama pandemi. Salah satunya adalah pembelajaran atas perubahan yang melahirkan inspirasi untuk ber

on Sep 23, 2020
Kanye West

Berseteru Dengan Universal Music dan Sony/ATV, Kanye West Kencingi Pia...

Kanye West (Foto: Brad Barket/Getty Images for Fast Company) / Piala Grammy dikencingi. (Foto: Twitter Ye). Dengan terhitung hanya 47 hari dari hari pelaksa

on Sep 17, 2020