×
×

Search in Mata Mata Musik

YouTube Blokir Video Bertema LGBTQ Proyek Musik Roddy Bottum, Man On Man

Posted on: 06/2/20 at 8:30 am

Roddy Bottum.
Roddy Bottum.

Pekan lalu, Man On Man, duo rock baru yang diciptakan oleh kibordis band alternative metal legendaris Faith No More, Roddy Bottum dan mitra musik sekaligus pacarnya, Joey Holman, telah merilis video untuk single pertama mereka ‘Daddy’. Klip itu, yang menampilkan Roddy Bottum dan Joey Holman merangkul satu sama lain dengan hanya pakai celana dalam, memakan satu pisang bersama ala film kartun Lady and the Tramp, dan menarik celana dalam satu sama lain sambil saling menggoda – bukan tanpa nada seksualnya dan tidak menampilkan unsur ketelanjangan dan lebih wajar dibandingkan dengan beberapa video sensual di YouTube lainnya yang lebih terang-terangan oleh berbagai artis kelas A.

“Pernyataan dari lagu dan video untuk ‘Daddy’ mungkin adalah perayaan cinta dalam isolasi dan merupakan surat cinta untuk masa lalu yang tidak terlalu jauh dari tempat dan waktu di mana kami bisa berkomunikasi bersama secara fisik dengan komunitas gay kami,” ujar Roddy Bottum kepada Rolling Stone minggu lalu.

Pengelola konten di YouTube berpikir sebaliknya. Dalam sebuah pesan kepada duo itu tidak lama setelah video dirilis, seorang karyawan platform digital tersebut mengatakan bahwa pihaknya menghapus video itu karena melanggar “kebijakan seks dan ketelanjangan kami”.

“Penting bagi kami untuk tahu bahwa YouTube adalah tempat yang aman untuk siapa saja,” tulis catatan yang diperoleh oleh Rolling Stone itu. “Jika konten itu melanggar aturan kami, kami menghapusnya. Konten seksual grafis yang dimaksudkan untuk memuaskan secara seksual tidak diizinkan di YouTube. Karena ini pertama kalinya, ini hanya peringatan. Jika itu terjadi lagi, kanal kamu akan mendapat teguran dan kamu tidak akan dapat melakukan hal-hal seperti mengunggah, memposting, atau live stream selama satu minggu”. YouTube kemudian menambahkan bahwa Man on Man dipersilakan untuk mengajukan banding atas keputusan itu melalui formulir online.

Baca juga: Roddy Bottum Rilis Lagu Pertama Dari Proyek MAN ON MAN Yang Sangat Berani

Menyusul permintaan komentar oleh Rolling Stone, seorang perwakilan dari perusahaan itu mengatakan bahwa YouTube membuat kesalahan dan telah mengembalikan video tersebut. “Dengan banyaknya video di situs kami, kadang-kadang kami membuat keputusan yang salah,” jelas perwakilan YouTube itu. “Ketika kami memperhatikan bahwa video telah dihapus secara keliru, kami bertindak cepat untuk mengembalikannya. Kami juga menawarkan sang pengunggah kemampuan untuk mengajukan banding atas penghapusan dan kami akan mengulas kembali kontennya”.

Sementara Man on Man senang melihat video mereka kembali di platform itu – mereka telah mengunggahnya ke Vimeo sebagai pengganti sementara – mereka menyerang YouTube untuk keputusan awalnya, yang mereka klaim sewenang-wenang dan diskriminatif.

“Jelas perusahaan teknologi kurang memiliki representasi dan karena itu mereka mendiskriminasi warna kulit, usia, jenis kelamin, dan seksualitas,” ujar grup duo itu kepada Rolling Stone. “Bahkan jika YouTube menghargai dan mempromosikan keberagaman, kenyataannya adalah, industri ini masih bermain sesuai aturan pria heteroseksual. Ini mendevaluasi ketika kita melihat Google memonopoli (kampanye) Pride kita tetapi melakukan sedikit untuk benar-benar meningkatkan dan melindungi pengalaman digital LGBTQIA+. Kami meminta ruang bermain dengan peluang yang adil”.

“Ada cukup banyak representasi dalam komunitas gay pria muda yang tidak berambut,” ujar Roddy Bottum. “Senang rasanya bisa mewakili sebagian budaya kita yang tidak mulus dan terawat. Berdasarkan pada tanggapan para ageist (diskriminasi umur) dan homofobik yang diposting di bagian komentar dari publikasi langsung yang memuat foto kami, aku senang bisa menjadi perwakilan itu di peta komunitas gay”.

Penerjemah: Mohamad Shabaa El Sadiq
Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

Related Posts

#LetTheMusicPlay

Iron Maiden, Enter Shikari dan 1500 Artis Lebih Dukung Kampanye #LetTh...

Iron Maiden. (Foto: via Kerrang!). Lebih dari 1.500 artis telah menandatangani surat terbuka kepada pemerintah Inggris sebagai bagian dari kampanye #LetTheM

on Jul 3, 2020
Mike Shinoda

Mike Shinoda Umumkan Album Baru Yang Dibuat di Twitch Bersama Fans

Mike Shinoda. (Foto: Frank Maddocks). Di awal masa karantina, salah satu pendiri Linkin Park, Mike Shinoda jatuh cinta dengan layanan livestream Twitch. Dia

on Jul 1, 2020
Antartick & Bogorian Voices.

Antartick & 17 Musisi Bogor Serukan Bangkit Dari Pandemi Lewat ‘Indo...

Antartick & Bogorian Voices 'Indonesia Kita'. Perubahan kini terjadi di segala penjuru. Alih-alih mengeluh dan berhenti berkarya bukankah sebaiknya kita

on Jun 25, 2020
Robb Flynn

Robb Flynn (Machine Head) Katakan “Fuck No!” Kepada Konser Musik D...

Robb Flynn (Machine Head). (Foto: Grizzlee Martin). Robb Flynn telah menyuarakan pendapatnya mengenai kemungkinan dia bersama Machine Head bermain konser dr

on Jun 25, 2020