×
×

Search in Mata Mata Musik

Zayn Malik Mencela Grammy Di Twitter, Ini Alasan Yang Sebenarnya

Posted on: 03/10/21 at 10:00 am

Nampaknya daftar artis yang enggak suka dengan Grammy Awards tahun ini makin panjang. Tentu saja termasuk artis yang "dilecehkan" seperti The Weeknd dan Halsey. Dan yang terbaru adalah Zayn Malik
Zayn Malik. (Foto: Patrick McMullan via Getty Images).

Nampaknya daftar artis yang enggak suka dengan Grammy Awards tahun ini makin panjang. Tentu saja termasuk artis yang “dilecehkan” seperti The Weeknd dan Halsey. Dan yang terbaru adalah Zayn Malik, bahkan saking kesalnya, doi sampai menjatuhkan “F-bomb” alias “F-word” kepada Grammy dan orang-orang yang terkait melalui Twitter.

Baca juga: Nominasi Grammy 2021 Dianggap Lalai Karena The Weeknd Sama Sekali Nggak Masuk

Satu perbedaan besar antara Zayn Malik dan beberapa artis yang sebelumnya dirugikan adalah bahwa Malik enggak memiliki rilisan karya yang bisa diperdebatkan tahun ini, yang menyebabkan munculnya beberapa argumen di Twitter yang kuat tentang apakah mantan anggota One Direction itu menyadari atau enggak bahwa sebenarnya doi enggak layak masuk nominasi Grammy.

“Persetan dengan Grammy dan semua orang yang terkait. Kecuali kamu berjabat tangan dan mengirimi hadiah, enggak ada pertimbangan nominasi,” tweet Malik. “Tahun depan aku akan mengirimi kalian sekeranjang makanan manis”.

Banyak yang dengan cepat menganggap Malik kesal karena kurangnya pengakuan Grammy untuk album terbarunya, No One Is Listening, yang memulai debutnya di tangga album Amerika Serikat (AS) awal tahun ini di No. 44. Posisi yang tidak lebih baik di negara asalnya Inggris di No. 17. Frasa “tahun ini” adalah salah satu kata yang berlaku di sana, karena “jendela” kelayakan untuk Grammy Awards 2021 ditutup pada akhir September 2020 lalu, lebih dari tiga setengah bulan sebelum dirilisnya album yang menurutnya kurang perhatian tersebut.

Beberapa penggemar Malik dengan cepat membelanya, berpendapat bahwa tentu saja doi tahu albumnya terlalu baru untuk memenuhi syarat, dan bahwa doi ke Grammy dan pihak terkait atas nama semua artis.

Yang lain bertanya-tanya apakah mungkin Malik mengacaukan Grammy dengan Golden Globes yang baru-baru ini layak diberitakan. Meskipun Grammy hampir tidak tanpa kontroversi akhir-akhir ini, tidak ada acara yang mempertemukan artis dan anggota pemungutan suara Grammy selama tahun pandemi ini, dan kurangnya direktori anggota tampaknya menjadi penyangga kecurigaan terhadap potensi pemberian hadiah bahkan jika The Academy melarang ketat adanya lobi-lobi semacam itu sekalipun.

Yang lain bertanya-tanya apakah ada keretakan di internal sesama mantan anggota One Direction. “Tunggu. Apakah bayangan ini bertentangan dengan @Harry_Styles ???????” tanya Perez Hilton, yang sebelumnya mengejek Malik karena menurutnya enggak menyadari bahwa doi enggak memenuhi syarat. Hilton terus bertanya-tanya apakah Malik memiliki masalah dengan mantan rekan grupnya yang dinominasikan untuk tiga penghargaan tahun ini dan baru saja diumumkan sebagai salah satu dari sedikit yang terpilih untuk mendapatkan slot yang akan tampil di pentas Grammy pada siaran langsung Minggu ini.

Malik kembali ke Twitter beberapa jam kemudian untuk menegaskan bahwa kekesalannya bukan tentang tidak adanya nominasi untuk sejarah kariernya. Baik dengan One Direction atau solonya, doi sebelumnya belum pernah menerima penghargaan bergengsi tersebut.

Tweet aku enggak bersifat pribadi atau tentang kelayakan,” kata Malik, “tetapi tentang perlunya inklusi dan kurangnya transparansi proses nominasi dan ruang yang menciptakan dan memungkinkan favoritisme, rasisme, dan politik jaringan untuk memengaruhi proses pemungutan suara…”.

Musisi bintang lainnya yang telah masuk ke nominasi Grammy sejak nominasinya diumumkan pada bulan November telah jelas bahwa ada beberapa penghinaan pribadi yang terlibat dalam keluhan mereka, sambil menunjuk, seperti yang dilakukan Malik dalam tweet tindak lanjutnya, pada apa yang mereka yakini sebagai masalah yang lebih luas.

“The Grammy tetap korup,” tweet The Weeknd setelah doi nggak masuk nominasi. “Kalian berhutang budi kepadaku, penggemarku, dan transparansi industri…”.

Baca juga: Sumber Terdekat The Weeknd Yakin Penghinaan Grammy Kepadanya Karena Balas Dendam

Halsey, yang juga tidak masuk nominasi Grammy tahun ini, menulis bahwa doi “ingin memilih kata-kata doi dengan hati-hati karena banyak orang telah menyampaikan simpati dan permintaan maaf kepadaku sejak pengumuman nominasi Grammy. Sementara aku sangat senang dengan teman-temanku yang berbakat yang diakui tahun ini, aku berharap untuk transparansi atau reformasi yang lebih baik”.

Penerjemah & Editor: Dharma Samyayogi

Mata Mata Musik's Newsletter

    Related Posts

    Van Halen

    Wolfgang Van Halen Menolak Tampil Di Grammy 2021, Ini Alasannya

    Wolfgang dan Eddie Van Halen. (Foto: Philip Cosores). Banyak pemirsa yang menyaksikan acara live streaming Grammy Awards 2021 yang digelar pada hari Minggu

    on Mar 16, 2021
    Grammy Awards

    Inilah Daftar Lengkap Pemenang Grammy Awards 2021 Yang Kita Tunggu

    Foto: Don Emmert/AFP via Getty Images. Grammy Awards tahun ke-63 telah rampung digelar di Los Angeles pada hari Minggu, 14 Maret pukul 8 malam atau Senin, 1

    on Mar 16, 2021
    Grammy Awards 2021

    Grammy Awards 2021: Bocoran Siapa Yang Akan & Seharusnya Menang

    Beyoncé, Fiona Apple, Taylor Swift, Phoebe Bridgers (Foto: Getty Images). Perhelatan tahunan Grammy Awards yang ke-63 digelar pada 15 Maret 2021. Ditunda d

    on Mar 13, 2021
    The Weeknd

    The Weeknd Mulai Sekarang Boikot Grammy Awards Sejak Dilecehkan

    The Weeknd. (Foto: Getty Images). The Weeknd makin melesat sebagai penyanyi top dunia setelah doi merilis album After Hours tahun lalu. Enggak hanya menjadi

    on Mar 12, 2021